Temukan Kami di Sini:

5 Keistimewaan Hari Jumat yang Perlu Kamu Ketahui

0
5 Keistimewaan Hari Jumat yang Perlu Kamu Ketahui
Ilustrasi berdoa di Masjid. Foto: REUTERS/Jorge Silva

SUARATURATEA.COM Hari Jumat merupakan salah satu hari yang banyak keistimewaannya, keistimewaan hari Jumat juga telah disabdakan oleh Rasulullah, dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah.

“Sebaik-baik hari di mana matahari terbit di saat itu adalah hari Jumat. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari surga. Dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat” (HR Muslim).

Untuk itu setiap hari Jumat, umat muslim disarankan melakukan berbagai kegiatan sunah untuk memperbanyak pahala dan menambah ketakwaan.

Adapun yang bisa dilakukan, di antaranya membaca surat Al Kahfi sebanyak 10 ayat, bersedekah, memperbanyak zikir, membaca selawat dan lain-lain.

Namun, ada beberapa keistimewaan hari Jumat yang perlu kamu ketahui. Seperti yang dilansir dari NU Online, berikut di antaranya:

1. Waktu Paling Mustajab untuk Berdoa

Keutamaan hari Jumat yang membuatnya lebih istimewa dibandingkan hari lain adalah ini jadi waktu paling mustajab untuk mengaturkan doa kepada Allah SWT. Oleh karena itu, umat muslim sangat dianjurkan untuk memperbanyak selawat pada hari Jumat.

2. Hari Penghapus Dosa

Hari Jumat juga menjadi hari penghapusan dosa tidak hanya untuk kaum muslimin, namun juga kaum muslimah.

Seperti diriwayatkan Salman Al Farisi dalam HR Bukhari, Rasulullah SAW bersabda:

“Siapa yang mandi pada hari Jumat, bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfum, lalu berangkat ke masjid, dan masuk masjid tanpa melangkahi di antara dua orang untuk dilewatinya, kemudian salat sesuai tuntunan dan diam tatkala imam berkhotbah, niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua Jumat” (HR Bukhari).

3. Hari Terbaik untuk Bersedekah

Jumat juga dianggap sebagai hari terbaik untuk bersedekah. Di samping Jumat memang sebagai hari paling utama dalam Islam, sedekah sendiri adalah jenis amalan yang dapat membawa pahala berlimpah atau bahkan tak terputus bagi yang melakukannya.

Apalagi jika sedekah yang dilakukan tergolong amal jariyah seperti membangun masjid atau memberi makan dan minum kaum duafa.

4. Terhindar dari Siksa Kubur

Sudah disebutkan dalam sebuah hadist jika ada seseorang yang meninggal di malam Jumat atau hari jumat, maka orang tersebut juga akan terhindar dari fitnah siksa kubur.

“Barangsiapa yang meninggal dunia di malam Jumat atau hari Jumat terjaga dari fitnah siksa kubur” (HR. Imam At Tirmidzi dari Abdullah bin Amr bin Ash).

5. Keberkahan Salat Jumat Setara dengan Pahala Setahun Puasa dan Salat

Keutamaan hari Jumat juga akan membuat seseorang menerima pahala yang dikatakan setara dengan jumlah yang didapat dalam setahun puasa dan salat.

Untuk itu, seperti dinyatakan dalam HR. Ahmad dan Ashabus Sunan oleh Ibnu Huzaimah, umat muslim diimbau untuk segera pergi ke masjid pada hari Jumat dan kemudian mengambil saf terdepan.

Berkomentar dengan bijak!