25 Rumah Warga Bontoa Rusak Berat, Akibat Diterjang Puting Beliung

0
Puluhan Rumah warga di Bontoa, kelurahan Bontoa, Kecamatan Binamu, kabupaten Jeneponto rusak akibat diterjang Puting Beliung, Sabtu 05 Maret 2016

Kr Tawang/ Jurnalis

TURATEANEWS.com JENEPONTO–Sebanyak 25  rumah panggung  di Kabupaten Jeneponto, Sabtu 5 Maret, rusak berat akibat diterjang anging puting beliung, pada pukul 13.05 Wita. Selain rumah rusak, angin puting beliung juga merusak puluhan hektar tanaman jagung milik warga rusak.

Peristiwa itu bermula disaat hujan deras disertai petir dan angin kencang, tak beberapa  lama kemudian terjadi angin puting beliung. Akibat 25 rumah warga rusak berat di lingkungan Bontoa/ Kelurahan Bontoa, Kecamatan Binamu.

Suara gemuruh amukan anging puting beliung sempat membuat panik warga sekitarnya, begitu mendengar gemuruh, mereka langsung berhamburan keluar rumah untuk menyelematkan diri mereka, kuatir rumah mereka ambruk diterjang anging puting beliung.

Seketika itu atap rumah warga beterbangan ke udara dan jatuh dekat rumah mereka. Selain rumah warga rusak puluhan hektar kebuh jagung yang masih muda rebah atau jatuh kenah angin puting beliung. Akibatnya warga mengalami gagal panen jagung tahun ini.   

Namun seorang ibu rumah tangga histeri melihat rumahnya rusak diterjang puting beliung. Disaat musibah terjadi, sebagian warga melakukan aktivitas diluar rumah, ada yang pergi ke sawah, kebun mereka,  dan ke kios berjualan di pasar.   

Pantauan dilokasi,  rata rata rumah warga rusak pada bagian atap dan dinding rumah mereka. Ironisnya satu tokoh tempat berjualan bahan campuran milik warga ambruk, usai diterjang puting beliung/ sebagian warga memperbaiki rumah mereka. 

Salah seorang warga yang pertama kali rumahnya diterjang puting beliung bernama Hendra mengatakan, awal mulannya hujan dan angin kencang disertai petir. Kemudian tiba- tiba ada angin kencan berputar dari arah timur dan menghantam rumah saya.

Namun angin puting beliung yang menerjangnya rumah panggungnya, bagian tiang rumah terangkat keatas setinggi 20 cm dan terjatuh turun, angin yang berputar putar itu melepas atap rumahnya.  

Sementara salah seorang warga lainnya, Rasyad mengatakan, peristiwa puting beliung yang merusak rumahnya, tidak berada di rumah,  dia berada di bengkel honda. Saya kaget mendapat kabar dari keluarga, bila rumah saya rusak diterjang puting beliung. 

Rasyad berharap kepada pemerintah daerah untuk memberikan bantuan kepada warga yang kenah musibah. Pemerintah jangan tutup mata melihat rakyatnya yang menderita akibat puting beliung. Namun biar pun rusak dia tetap tinggal bersama keluarga di rumah yang rusak/  sambil memperbaikki.
 
Akibat angin puting beliung yang merusak puluhan rumah warga. Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Jeneponto Syam Jaya berada di lokasi kejadian mengatakan,  25 rumah warga rusak dari 43 kepala keluarga. Kami kesini melakukan pendataan rumah warga yang rusak. Namun sejauh ini belum bisa ditaksirkan kerugian warga,  karena pihak lagi mendata (*)

Berkomentar dengan bijak!