103 Sekolah di Sulawesi Barat Rusak Akibat Gempa

0
103 Sekolah di Sulawesi Barat Rusak Akibat Gempa
103 Sekolah di Sulawesi Barat Rusak Akibat Gempa

SUARATURATEA.COM – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengungkapkan sebanyak 103 sekolah rusak akibat gempa yang terjadi di Sulawesi Barat pada 14-15 Januari 2021.

Satuan pendidikan yang rusak itu berada di pengelolaan pemerintah daerah maupun Kementerian Agama.

“Sebanyak 39 sekolah diantaranya mengalami rusak berat, 19 sekolah rusak sedang, dan 45 sekolah rusak ringan. Kami terus melakukan koordinasi dalam melakukan pendataan, kebutuhan, dan intervensi yang dibutuhkan,” kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbud Hendarman, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (19/1/2021).

BACA JUGA : 20 Ribu Jiwa Terdampak, 6.346 Unit Rumah Terendam Banjir di Kalimantan Selatan

Kemendikbud telah membuka posko di Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (BP PAUD Dikmas) di Kabupaten Mamuju dan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) di Kabupaten Majene.

Di Kabupaten Mamuju, terdapat 18 sekolah yang masuk kategori rusak berat, 12 sekolah rusak sedang, dan 10 sekolah mengalami rusak ringan. Sementara di Kabupaten Majene, 19 sekolah rusak berat.

Enam sekolah rusak sedang, dan 21 sekolah rusak ringan. Berikutnya, di Kabupaten Poliwali Mandar, dua sekolah rusak berat, satu sekolah rusak sedang, dan tujuh sekolah rusak ringan. Di Kabupaten Mamasa, tujuh sekolah mengalami kerusakan ringan.

BACA JUGA : 10 Unit Armada Tangki Air PMI Dikerahkan ke Sulbar, Bantu Warga yang Mengungsi

Dalam rangka penanganan darurat, Kemendikbud, Kementerian Agama, Sekretariat Nasional Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB), UNICEF, dan klaster nasional pendidikan berkerja sama mengoperasikan Pos Pendidikan Sulawesi Barat.

Diketuai oleh Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Provinsi Sulawesi Barat, Pos Pendidikan Sulawesi Barat menjadi sentra koordinasi penanganan darurat gempa bumi bidang pendidikan.

Selanjutnya…
Adapun pos ini menginduk…

Berkomentar dengan bijak!